Romance · Young Adult

Oppa & I

13136388

 

Title: Oppa & I

Author: Orizuka & Lia Indra Andriana

Published: 2011 (Penerbit Haru)

Jumlah Halaman: 156 hlm

Format Buku: e-book (downloaded from Google Play Store)

ISBN: 978-602-98325-3-2

Genre: Romance – Teen Lit – YA

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

Back Cover Oppa & I

***

SINOPSIS

Buku ini berkisah mengenai Park-twin yang terdiri dari Jae In dan Jae Kwon. Meskipun kembar, keduanya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Jae In terkesan lebih cuek, dingin, ketus dan sedikit menyebalkan, sedangkan sebaliknya Jae Kwon justru ramah, perhatian, hangat, supel dan terlihat sangat mengasihi Jae In.

Ia tidak suka ditinggalkan, jadi ia tidak ingin meninggalkan. itu yang ia pahami setelah lima tahun ini. Namun, pada akhirnya, ia harus meninggalkan semuanya, demi orang yang pernah meninggalkannya. Ironis. (hal. 9)

Kisah bermula ketika keluarga Park yang harmonis terpaksa berpisah satu sama lainnya lima tahun yang lalu: Jae In tinggal bersama eommanya di Indonesia, sedangkan Jae Kwon memilih tinggal bersama appanya di Korea Selatan. Tentu saja sudah bisa ditebak bahwa hubungan si kembar yang tadinya sangat dekat dan harmonis pun menjadi berbalik 180%! Terutama dari sisi Jae In, yang ketika akhirnya bertemu kembali dengan Jae Kwon justru bersikap dingin dan ketus pada kembarannya itu.

Sekarang ia tahu apa yang salah, tetapi ia sama sekali tidak tahu kenapa. Lima tahun memang waktu yang lama. Cukup lama untuk mengubah seseorang. Secara drastis. (hal. 36)

Masalah antara Jae In dan Jae Kwon tidak berhenti hanya sampai di situ saja. Di sekolah pun Jae In memaksa Jae Kwon agar tidak mengatakan kepada orang lain mengenai status mereka yang sesungguhnya. Jadilah teman-teman mereka tidak mengetahui bahwa Jae In dan Jae Kwon sesungguhnya adalah sepasang anak kembar. Kerumitan bertambah ketika Jae In yang sebenarnya menutup diri dari sekitarnya justru ditaksir oleh Seung Won, salah seorang teman sekelasnya. Bahkan akhirnya ia terpilih sebagai pemeran utama dalam sebuah drama pertunjukan di sekolah. Mau tidak mau, Jae In pun pelan-pelan harus mingle dengan teman-teman sekelasnya demi menyukseskan drama tersebut.

Peduli itu merepotkan, terutama peduli yang tidak pernah bersambut. Sudah merepotkan, bikin keki saja. (hal. 38)

Dibalik keramahan dan kesupelannya, ternyata Jae Kwon juga memiliki rahasia. Karena kecerobohannya sendiri, rahasia besar itu akhirnya diketahui oleh Jae In. Dan kelak saat rahasia itu terungkap, ada begitu banyak peristiwa yang mengikutinya, mulai dari hubungan Jae Kwon dengan appanya yang selama ini terkesan dingin, sampai dengan hubungannya dengan Hye Rin, seorang senior yang memang ditaksirnya sejak dulu.

Terkadang, sebesar apapun sebuah harapan, kenyataan berkata lain. (hal. 41)

Tidak hanya Jae Kwon yang menyimpan rahasia. Pada akhirnya rahasia yang selama ini ditutup rapat oleh Sandy pun terkuak dan kelak sangat memengaruhi keseluruhan interaksi dalam keluarga Park.

***

REVIEW

Well, aku ternyata hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam saja untuk menamatkan novel Oppa & I ini. Tentu saja yang kubaca adalah versi e-booknya yang kudownload melalui Google Play Store. Sehubungan dengan ultah Penerbit Haru yang ke-5, e-book ini bisa didownload gratis selama 3 hari (18-20 Januari 2016).

Aku tertarik membaca buku ini setelah membaca beberapa review di Goodreads dan blog buku. Sampai saat review ini kubuat, di Goodreads sendiri, Oppa & I memiliki rating yang cukup baik: 3.71 dan 121 review. Wow!

Ini adalah buku ke-3 keluaran Penerbit Haru yang pernah kubaca, setelah sebelumnya aku membaca Explicit Love Story dan Close To You (aku belum sempat menulis review untuk kedua novel ini) Meskipun masih mengambil latar tempat di Korea Selatan, kadar romance di novel Oppa & I ini tidak sekental kedua buku yang telah kubaca lebih dulu.

Meskipun Oppa & I sebagaian besar mengisahkan peristiwa yang menimpa Park-twin di sekolah, buku ini juga cukup banyak menyoroti hubungan di dalam keluarga Park itu sendiri. Menarik sekali melihat bagaimana kedua penulis –Orizuka dan Lia Indra Andriana —  menggambarkan interaksi yang terjadi di dalam sebuah keluarga broken home yang sedang mencoba memperbaiki situasi mereka: mama yang bersikap seolah-olah tidak pernah terjadi apapun dan tetap mencoba ceria bagi kedua anak dan suaminya, papa yang tetap kerja keras membanting tulang seolah tidak terpengaruh sama sekali oleh perubahan yang ada, kedua anak yang berbeda karakter karena terbentuk oleh lima tahun perpisahan diantara mereka.  Menurutku ini adalah salah satu nilai tambah dalam novel ini. Bagaimana pun juga, kondisi broken home pastilah memengaruhi setiap pihak yang terlibat dalam keluarga tersebut, mulai dari orang tua sampai anak-anaknya.

Buku ini juga mengisahkan bagaimana tokoh-tokohnya berjuang dengan cara mereka masing-masing untuk dapat mewujudkan cita-cita dan impian mereka. Hal ini terlihat dari kegigihan Jae Kwon, Seung Won dan Hye Rin dalam usaha mencapai impian mereka. Sangat menginspirasi kaum muda yang pasti memiliki begitu banyak impian yang ingin mereka kejar.

Selain konflik keluarga yang disuguhkan dalam buku ini, masih ada beberapa hal lain yang membuatku menyukai Oppa & I:

  1. Meskipun terkesan sederhana, cover bukunya sangat manis dan eye catching. Langsung terasa kekhasan cerita dengan latar Korea Selatan di dalamnya.
  2. Di setiap awal chapter terdapat ilustrasi sederhana yang manis lengkap dengan caption yang menarik. Pas banget untuk menggambarkan hubungan yang terjadi antara Jae In dan Jae Kwon.
  3. Ada begitu banyak kosakata Bahasa Korea dalam buku ini, sedikit banyak aku jadi tahu percakapan dasar sehari-hari Bahasa Korea^^
  4. Beberapa kalimat dalam buku ini begitu memorable:

Jae In benci orang baik. Ia tak pernah tahu kapan orang baik akan berkhianat. Dan ketika sudah demikian, trauma itu akan tertinggal dalam, begitu dalam sehingga ia tak akan percaya pada siapa pun lagi. Orang baik itu menakutkan. (hal. 64)

 

Untuk apa bersama jika tak pernah terlihat bersama? (hal. 84)

Ada juga sih beberapa typo yang masih kutemukan dalam versi e-booknya ini, contohnya saja:

Masih jelas di ingatan Sandy saat ia memberi Jae Bin pilihan: mengambil pekerjaan itu atau bercerai, dan Jae Bin memilih bercerai. (hal. 7)

Selain penulisan “di ingatan” yang seharusnya disambung menjadi “diingatan”, justru karena memilih pekerjaan itulah maka Sandy dan Jae Bin akhirnya bercerai. Ini bukanlah 2 hal yang harus dipertentangkan. Mungkin sebaiknya jika kalimatnya diganti jadi seperti ini:

Masih jelas diingatan Sandy saat ia memberi Jae Bin pilihan: tidak mengambil pekerjaan itu atau bercerai, dan Jae Bin memilih bercerai.  (hal. 7)

 

Jae kwona, kau yakin tidak mau keluar makan dulu dengan kami sebelum pulang?” (hal. 51)

Seharusnya Jae kwon ditulis menjadi Jae Kwon.

Kalau ditanya siapa tokoh favoriteku, Seung Won lah orangnya! Kegigihannya dalam mewujudkan impian dan cita-citanya patut diacungi jempol. Belum lagi, caranya melakukan PDKT ke Jae In. Menurutku, keberadaan Seung Won justru menceriakan hari-hari dalam Oppa & I ini loh!

Oh iya, buku ini memiliki kelanjutan kisah Park-twin loh: Oppa & I – Love Missions dan Oppa & I – Love Signs. Sudah pasti aku akan berburu keduanya karena penasaran dengan perkembangan cerita dan karakter-karakternya.

 

***

Submitted for:

Tantangan Membaca Haru 2016

Reading Romance Challenge 2016 – School’s Day

Young Adult Reading Challenge (YARC)

Advertisements

5 thoughts on “Oppa & I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s