Children

The Tail of The Whale [Ekor Si Paus]

2016-03-03_09.59.41

Title: The Tail of The Whale [Ekor Si Paus]

Author: Ellie Patterson

Illustrator: Christine Pym

Translator: Winny Rahmayanti

Editor: Windrati Hapsari

Published: 2010 (Erlangga For Kids)

ISBN: 9789790755178

Pages: 24

Genre: Picture Book – Children

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

When winter days are cold and grey,
When frost lies on the ground,
I like to slip away into
A multi-coloured land!

Ketika hari-hari musim dingin terasa beku dan kelabu, ketika bumi diselimuti embun beku, ada seorang anak perempuan yang ingin berkelana ke negeri penuh warna. Untuk menuju negeri penuh warna, sang anak berpengangan erat dengan ekor paus raksasa dan petualangan ke negeri penuh warna dimulai.

Have you ever dreamed of chasing rainbows on the back of a humpback whale? Dive into Christine Pym’s exquisitely decorative debut picture book. A bright underwater world, rich with colour and full of surprises!

***

Sebagai mana diterangkan dalam blurb yang tercetak di cover belakangnya, buku ini mengisahkan petualangan seorang anak perempuan ke sebuah negeri yang sangat berwarna. Hal ini sangat kontras dengan dunia yang ia tinggali karena saat itu sedang musim dingin, sehingga yang terlihat hanyalah kebekuan.

Untuk dapat bertualang ke negeri penuh warna itu, si gadis cilik dan anjing kecilnya pun harus menumpang diatas ekor paus raksasa. Karena negeri penuh warna yang akan ia jelajahi itu tidak lain dan tidak bukan adalah negeri bawah laut yang penuh dengan ikan-ikan dan makhluk laut yang beraneka bentuk dan warna.

***

Ilustrasi buku ini begitu indah. Penggunaan warna-warna yang kontras pun secara otomatis akan membawa kita memahami mengapa si gadis cilik yang saat itu dunianya sedang mengalami musim dingin yang beku dan kelabu jadi ingin sekali berkunjung ke negeri penuh warna. 

Dunia bawah laut dan segala isinya digambarkan dengan warna-warna cerah yang begitu menarik hati. Kita bagaikan sedang berada dalam dunia lain. Anak-anak pasti menyukai buku ini.

Satu hal yang disayangkan, buku ini hanya diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia saja. Padahal aku yakin kalau buku ini dibuat dalam dwibahasa (bilingual), pasti akan lebih menarik karena cerita dalam bahasa aslinya berima sehingga akan terdengar lebih manis di telinga saat dibaca nyaring.

***

Sama halnya seperti The Little White Owl, aku mendapatkan buku ini dari perpustakaan sekolah si sulung. Karena dia sudah dapat membaca sendiri, aku hanya duduk di sampingnya sambil memegang buku kemudian membiarkannya membaca nyaring untuk dia dan adiknya.

***

Submitted for:

Project Baca Buku Cetak 2016 (#BacaBukuCetak)

Proyek Baca Buku Perpustakaan 2016 (#pbbp)

2016 I Love Libraries Reading Challenge (ILLRC)

2016 I Love Picture Books Reading Challenge (#ILPBRC)

Children’s Literature Reading Project (#CLRP)

Advertisements

5 thoughts on “The Tail of The Whale [Ekor Si Paus]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s