Young Adult

Ally – Teman Kencan Istimewa

24301614

Author: Arleen A.

Editor: Dini Novita Sari

Cover: Iwan Mangopang

Published: January 2015 [Gramedia Pustaka Utama]

ISBN: 9786020308845

Genre: YA – Fantasy – Psychology

Rate: thumbs thumbs thumbs thumbs

 

BLURB

Apa yang akan kaulakukan jika satu menit yang lalu kau anak tunggal orangtuamu, lalu satu menit kemudian ada seseorang yang muncul entah dari mana dan duduk di sampingmu mengaku sebagai adikmu? Apa yang kaulakukan jika kau menemukan foto di meja, menampilkan dirimu dan seseorang yang belum pernah kaulihat? Apa yang kaulakukan jika kau pulang ke rumah dan menemukan bahwa di dalam rumah itu sudah ada dirimu yang lain?

Kehidupan Ally memang bukan kehidupan biasa. Kerap kali ia mendapati dirinya ditempatkan dalam kehidupan yang seolah miliknya, tapi ternyata bukan. Dan tiba-tiba kata “pulang” punya makna yang baru. Apakah Ally akan memiliki kesempatan untuk “pulang”? Akankah ia bisa kembali pada cinta yang ditinggalkannya di kehidupannya yang lain?

Ini bukan kisah biasa. Ini kisah yang akan membuatmu berpikir kembali tentang arti hidup dan arti cinta yang sebenarnya.

Review

Awal membaca buku ini aku merasa seperti sedang membaca sebuah novel terjemahan. Ya! Menurutku, gaya penulisan Arleen disini sangat mirip dengan sebuah novel terjemahan yang (maaf) terkesan sedikit kaku. Atau mungkin memang hal inilah yang memang ingin ditegaskan oleh penulisnya. Aku sedikit berandai-andai jika saja Arleen dapat menuliskan kisah hidup Ally dengan gaya yang lebih santai, mungkin akan lebih asyik untuk dibaca karena topik yang diangkat memang sudah cukup berat.

Ini adalah novel dewasa Arleen yang pertama kali aku baca. Aku tentu saja mengenal penulis dari berbagai buku anak yang telah ditulisnya, makanya agak kaget juga ketika tahu bahwa dia juga menulis buku dewasa. Dan ternyata isinya pun luar biasa berbobot! Siapapun yang membaca buku ini akan setuju bahwa Arleen sudah melakukan riset yang mendalam mengenai berbagai teori tentang “dunia paralel” sehingga bisa meraciknya ke dalam kisah Ally yang memukau.

Buatku, Ally adalah seorang teman kencan yang istimewa. Ia mengajarkan banyak hal padaku, diantaranya adalah untuk benar-benar menghargai waktu yang kita miliki saat ini. Karena apa pun bisa terjadi kapan pun tanpa dapat kita duga sebelumnya. Dan jika kelak waktu telah mengambil apa yang pernah kita miliki, maka dapat dipastikan hal itu tak kan pernah kembali lagi dalam hidupku kita. Tak peduli seberapa keras kita mencoba, mengembalikan waktu adalah hal yang mustahil! Ketegaran Ally juga patut diacungi banyak jempol! Dengan serangkaian peristiwa mencengangkan dalam hidupnya, ia masih tetap dapat menjadi dirinya sendiri. Wow! I am so grateful to have her as my special date *peluk Ally*

Oh iya, aku dapetin buku ini sebagai “teman kencanku” dari event Blind Date With A Book yang digagas oleh Afifah & Mba Putri loh! Waktu itu aku penasaran dengan pilihan “teman kencan” yang ditawarkan oleh Mba Putri. Dan dari ketiga pilihan yang ditawarkan, aku merasa tertarik dan penasaran dengan pilihan no. 1 karena clue yang diberikan:

1. Dunia Pararel, satu nama banyak kehidupan, beda dunia berbeda jalan hidup

ally

Ah! Ternyata memang aku gak salah pilih dan tentu saja aku sangat berterima kasih kepada kedua host ini yang sudah berbaik hati menjodohkanku dengan Ally. 😉 Dan tentu saja aku berterima kasih juga pada Mba Putri yang sudah menyediakan jodohku ini! 😉 Jauh sebelum Mba Putri buka-bukaan di blognya, aku sudah bisa menebak kalau dialah pengirimnya, karena di dalam bukunya sudah ada note dengan namanya ^^. Hehehe.

note form Putri

Sekarang saatnya buka-bukaan mengenai 3 teman kencan yang kutawarkan kepada para peserta Blind Date With A Book lainnya:

 

7686245

 

27236303
Punyaku yang versi Bahasa Indonesia. Ini dia buku yang kukirimkan sebagai “teman kencan” Semoga sesuai dengan kriteria teman kencan idaman si penerima buku^^

 

29215927

Last but not least, semoga besok-besok akan ada lagi event seru kaya gini! Selain bisa untuk menambah buku baru (swap dengan buku lama), aku juga jadi nambah teman sesama pecinta buku!

 

PS: aku sengaja tidak menuliskan detil sinopsis buku ini dan hanya berupa mini reviewnya saja karena akan membuat sinopsis lengkapnya di postingan berbeda.

 

This review is also submitted for:

Young Adult Reading Challenge (YARC)

Advertisements

8 thoughts on “Ally – Teman Kencan Istimewa

    1. Wah! Justru Arleen A itu memang terkenal sbg penulis buku anak loh! Karyanya sdh bejibun! Hehehe.

      Untuk I Will Survive memang hanya 1 kok. Kalau gak salah, postingan blind date pertama kubuat sebelum buku itu kujadikan GA #FreeCareDay bulan April. Jd stlh ketahuan buku pilihan blind date yg harus kukirim adalah buku yg lain, maka I Will Survive kujadikan hadiah GA #FreeCareDay bln April. Begitu ceritanya…

      Like

  1. Aku suka dengan kutipan ini:
    Buatku, Ally adalah seorang teman kencan yang istimewa. Ia mengajarkan banyak hal padaku, diantaranya adalah untuk benar-benar menghargai waktu yang kita miliki saat ini. Karena apa pun bisa terjadi kapan pun tanpa dapat kita duga sebelumnya. Dan jika kelak waktu telah mengambil apa yang pernah kita miliki, maka dapat dipastikan hal itu tak kan pernah kembali lagi dalam hidupku kita. Tak peduli seberapa keras kita mencoba, mengembalikan waktu adalah hal yang mustahil! Ketegaran Ally juga patut diacungi banyak jempol! Dengan serangkaian peristiwa mencengangkan dalam hidupnya, ia masih tetap dapat menjadi dirinya sendiri.

    Dalem banget euy! Aku setuju banget!

    Like

  2. Gara-gara pernah baca sample buku ini aku sempat penasaran dengan buku ini.
    Karena lupa dan baca buku lain jadi belum sempet baca buku ini.
    Baca review ini jadi keinget lagi xD

    Dari dulu penasaran juga event Blind Date gini, cuman belum ada kesempatan aja buat ikutan xD

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s