Manga

Secret of The 7th Lesson

Title : Secret of The 7th Lesson

Author: Kozue Chiba

Translator: Torana Astrid Y.

Editor: Yoke Yuliana

Graphic Designer: Ikmal Aldwinsyah

Published: 2012 (m&c!)

Pages: 192

ISBN: 978-602-210-528-2

Format: tankoubon (paper back)

Genre: Teen – Romance – Shoujo

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

Sudah tiga bulan Syun pindah ke sekolah baru dan ia jadi penyemangat suasana di kelasnya. Namun sebenarnya Syun tidak berani menjadi dirinya sendiri karena takut diremehkan teman-teman. Syun selalu memaksakan diri untuk tertawa. Saat seperti itu, Jyun-chan sang wali kelas mengajaknya berteman. Hati Syun pun mencair dan kian lama Syun kian tertarik pada Jyun-chan

***

SINOPSIS

Secret of The 7th Lesson – Story 1

Syun Kawasaki baru pindah ke sekolah barunya selama 3 bulan. Ia sangat disukai teman-temannya karena selalu bersikap ceria. Karena itu jugalah teman-teman menganggapnya sebagai penyemangat di sekolahnya. Namun sebenarnya ia selalu memaksakan diri untuk ceria dan penuh tawa. Hal ini dilakukannya untuk menghindari masa lalunya yang kurang menyenangkan saat di sekolah lama. Hanya Jyun Koshiba, sang wali kelas lah yang mampu melihat kedalaman hati Syun dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada diri Syun.

Mampukan Syun bertahan dengan sikap cerianya? Masa lalu seperti apakah yang sedang ditutup-tutupi oleh gadis manis tersebut? Mengapa Jyun-chan mengetahui isi hatinya yang sebenarnya?

Secret of The 7th Lesson – Story 2

Syun dan teman-teman sekelasnya pergi study-tour ke  Tokyo. Karena semua teman sekelasnya berpasang-pasangan dan hanya tinggal ia sendiri yang tidak mendapatkan pasangan, akhirnya Jyun-chan memutuskan agar Syun mendampinginya. Sesampainya di Tokyo, salah seorang teman sekelasnya tidak enak badan, akibatnya kegiatan hari itu nyaris dibatalkan. Meski merasa ingin ikut jalan-jalan, Syun akhirnya memutuskan untuk tinggal di hotel untuk menemani temannya beristirahat. Menjelang sore, sang teman yang mengetahui betapa inginnya Syun berjalan-jalan akhirnya mengijinkan Syun pergi menyusul teman-teman mereka. Sayangnya, ketika Syun pergi, Jyun-chan justru sudah kembali ke hotel karena khawatir dengannya dan sang teman yang sedang sakit.

Akankah Syun menikmati study-tournya bersama Jyun-chan dan teman-teman sekelasnya?

Secret of The 7th Lesson – Story 3

Sepulang dari study-tour ke Tokyo, entah kenapa berhembus kabar kedekatan antara Syun dan Jyun-chan. Hal ini membuat keduanya dipanggil oleh sang kepala sekolah. Demi melindungi Jyun-chan, Syun membuat pengakuan kalau dialah yang meminta sang wali kelas menemaninya ke Tokyo Tower berdua saja karena dia merasa kurang dapat berbaur dengan teman-teman sekelasnya (baca Secret of The 7th Lesson – Story 2). Untung saja sang kepala sekolah bisa menerima alasannya dan mereka berdua terhindar dari sanksi.

Sayangnya, beberapa teman sekelas Syun ternyata tanpa sengaja “mencuri dengar” percakapan tersebut. Akibatnya mereka merasa kalau selama ini Syun hanya berpura-pura mau akrab dengan mereka. Akankah masa lalu Syun di sekolah terdahulu jadi terulang di sekolahnya yang baru karena masalah tersebut? Dapatkah Syun meyakinkan teman-temannya bahwa meskipun ia tidak seperti dirinya yang selama ini, ia tetaplah tulus saat berteman dengan mereka?

Spring Baby

Eri dan Kaoru adalah teman dekat sejak kecil dan mereka sudah lama hidup bertetangga. Hal ini menyebabkan keduanya sangat dekat.Bahkan, Eri terlihat terlalu mengurusi Kaoru dalam segala hal. Kedekatan keduanya membuat Ibu Kaoru merasa bahwa Eri memang cocok dengan Kaoru. Namun hal tersebut berkali-kali disanggah oleh Eri yang merasa bahwa mereka berdua memang dekat karena sudah dari kecil mereka main bersama.

Benarkah demikian? Kenapa ketika Eri mendapati hatinya kesal saat mendapati Kaoru dekat dengan beberapa teman perempuannya? Bukankah mereka berduanya hanyalah teman sejak kecil? Mampukah Eri jujur pada perasaannya sendiri?

About You

Kehidupan Yuki Okubo yang tenang tiba-tiba saja berubah 180 derajat ketika suatu hari seorang anak pindahan masuk di kelasnya. Betapa tidak, Rio Fukamachi, sang anak pindahan tersebut dulunya pernah menolak perasaan Yuki saat ia memberikan surat cinta pada cowok itu. Sungguh malang nasib Yuki! Di saat ia sudah hampir melupakan kejadian tersebut, Rio justru muncul di hadapannya. Dan parahnya lagi, cowok itu justru selalu membawa surat cinta yang pernah diberikan oleh Yuki padanya. Akhirnya dengan terpaksa, Yuki menuruti semua pinta Rio demi menjaga kerahasiaan dari surat cinta tersebut.

Mampukah Yuki menjalani hari-harinya dibawah tekanan Rio? Mengapa Rio nampak begitu senang mengerjai Yuki? Apa sebenarnya salah Yuki terhadap Rio?

contents

***

FAVE QUOTE

fave-quote

REVIEW

Secret of the 7th Lesson yang punya judul asli 7 Genme Wa Himitsu ini adalah karya kesekian Kozue-sensei yang diterbitkan menjadi tankoubon (manga berbentuk buku komik). Di Jepang sendiri, 7 Genme Wa Himitsu diterbitkan oleh Shogakukan pada tahun 2007. Sementara di Indonesia, manga ini diterjemahkan oleh m&c! (cetakan pertama tahun 2007 dan cetakan kedua tahun 2012)

Secret of the 7th Lesson berisi 5 one-shot manga. 3 diantaranya saling berkaitan karena tokoh utamanya sama. Sedangkan untuk 2 one-shot manga terakhir adalah 2 kisah yang berdiri sendiri. Semua kisahnya sangat khas shoujo manga: seorang gadis remaja dengan cowok keren yang dia taksir atau sebaliknya, si cowok yang naksir dia. Teen romance yang mengisahkan cinta anak remaja usia belasan dengan berbagai problematikanya. Settingnya sendiri kebanyakan mengambil latar di sekolah tokoh-tokohnya.

Perbedaan yang paling mencolok adalah main-story manga dalam tankoubon ini lebih berpusat pada romance relationship between the student and his teacher. Sedangkan 2 kisah lainnya lebih menekankan hubungan asmara antara dua orang remaja yang seumuran.

Kalau disuruh memilih, aku sih lebih suka dengan 2 kisah lainnya dalam tankoubon ini. Keduanya lebih kocak dan bikin ngakak. Apalagi adegan ketika Yuki berjuang setengah mati agar Rio tidak membeberkan isi surat cintanya ke teman-temannya. Kisah utamanya sendiri justru lebih terkesan gloomy dan serius.

Selain Secret of the 7th Lesson , beberapa manga Kozue-sensei yang juga telah diterjemahkan oleh m&c antara lain adalah: 24 colors, Crayon Dyas (3 volume), dan Lonely Without You (3 volume).

***

THE AUTHOR

Kozue Chiba yang berzodiak Capicorn dan berulang tahun pada tanggal 22 Desember ini memiliki golongan darah A. Ia memiliki tipe sanguin. Debut manga-nya yang berjudul “Yoru no Gakkou e Oide Yo!” diterbitkan Shogakukan.

 

Note:

Review ini diikutsertakan dalam Read and Review Challenge 2017 – Kategori Single Point – Graphic Novels and Comic Books

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s