Children

Awan Putih Kecil [a Little White Cloud]

img_20170127_062300

Title: Awan Putih Kecil [a Little White Cloud]

Author: Arleen A.

Illustrator: Stella Ernes

Editor: Nostalgiawan

Layouter: Eko Styawan

Published: June 2006 (Bestari Kids)

ISBN: 979-26-2202-0

Pages: 24

Genre: Picture Book – Children

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

Awan Putih Kecil selalu bersedih karena ukuran tubuhnya yang kecil. Ia selalu digoda oleh awan-awan lain yang bertubuh lebih besar. Suatu hari awan putih kecil berjalan-jalan sendiri. Kemudian ia bertemu dengan sekuntum bunga kecil yang cantik. Sekuntum bunga itu tersenyum dan memujinya. Bagaimana kisah kelanjutan si Awan Putih Kecil? Apakah si Awan Putih Kecil masih selalu bersedih?

Ayo temukan segera kelanjutan cerita si Awan Putih Kecil dalam buku seri The Story of Many Colours.

***

SINOPSIS

img_20170127_062313

Sebagai mana diterangkan dalam blurb yang tercetak di cover belakangnya, buku ini mengisahkan Awan Putih Kecil yang bersedih karena tubuhnya yang kecil selalu dijadikan bahan olok-olok oleh teman-temannya yang berbadan lebih besar.  Dalam kesedihannya itulah Awan Putih Kecil akhirnya berjumpa dengan sekuntum bunga kecil yang cantik. Meskipun menjadi yang terkecil diantara teman-temannya, bunga tersebut selalu tersenyum dan terlihat ceria. Hal ini membuat Awan Putih Kecil jadi penasaran.

***

REVIEW

Awan Putih Kecil ini merupakan salah satu judul dari seri The Story of Many Colours. Seri kisah yang mengajarkan tentang karakter kepada anak ini memiliki total 10 buku. Selain buku ini, salah satu buku yang pernah kubaca adalah Bintang Emas. Nanti kapan-kapan akan kureview juga dalam blog ini ya.

Selain memiliki ilustrasi sederhana yang menarik untuk anak-anak, buku ini juga ditulis dengan dwi bahasa (bilingual). Dengan demikian, anak dapat juga belajar beberapa kosa kata sederhana dalam bahasa Inggris. Kalimat-kalimat yang digunakan dalam buku ini juga sangat sederhana sehingga memudahkan anak untuk mengerti jalan ceritanya.

Untuk anak-anak usia batita, akan sangat menarik jika kisah ini disampaikan dalam bentuk paper doll story telling. Cukup dengan membuat awan kecil dan beberapa awan besar, serta bunga kecil dan beberapa bunga yang berukuran lebih besar. Dijamin deh anak akan senang dan menyimak ceritanya dengan baik.

***

Aku membacakan buku ini ketika sedang mengajarkan nilai karakter PERCAYA DIRI kepada anak-anak usia Kelompok Bermain (3-4 tahun). Saat itu anak-anak nampak antusias dan duduk mendengarkan dengan baik.

***

 

Note:

Review ini diikutsertakan dalam Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017 (#bacabukuperpus2017)

Review ini diikutsertakan dalam Read and Review Challenge 2017 – Kategori Single Point – Children Literature

Children’s Literature Reading Project (#CLRP)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s