Children

Wayang Sebelum Tidur

 

screenshot_2017-02-11-07-48-25

Title: Wayang Sebelum Tidur

Author: Clara Ng

Illustrator: Cecillia Hidayat

Published: 2010 (GPU)

ISBN: 978-979-225-445-7

Pages: 24

Genre: Picture Book – Children

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

wayang-sebelum-tidur-blurb

***

SINOPSIS

screenshot_2017-02-11-07-50-32

Sebagaimana diterangkan dalam blurb yang tercetak di cover belakangnya, buku ini berkisah tentang asyiknya bermain wayang sebelum tidur.

Suatu malam, dua orang kakak beradik bernama Sita dan Bima memutuskan untuk tidak langsung pergi tidur segera setelah ibu mereka mengucapkan selamat tidur kepada keduanya. Alih-alih menutup mata, Sita justru berinisiatif bermain bayangan dengan menggunakan kedua tangannya. Melihat hal tersebut, Bima pun tertarik ingin ikut bermain bayangan. Sayangnya, karena masih kecil, jari-jarinya masih sulit ditekuk untuk menghasilkan bayangan yang seru.

Untuk menghibur Bima yang bersedih, Sita akhirnya punya ide untuk membuat wayang dari bahan-bahan sederhana: kertas, lem, gunting dan sedotan. Segera setelah wayangnya jadi, Sita pun menerangkan tokoh-tokoh wayang yang ia buat kepada Bima. setelahnya, mereka pun asyik bermain sampai… ayah masuk ke dalam kamar dan memergoki mereka berdua!

***

REVIEW

Wayang Sebelum Tidur ini merupakan salah satu judul dari seri Dongeng Tujuh Menit yang diterbitkan oleh GPU (Gramedia Pustaka Utama) di tahun 2010. Seri Dongeng Tujuh Menit ini totalnya terdiri atas 7 (tujuh) judul buku menarik yang seluruhnya ditulis oleh Clara Ng, yaitu:

another-books

Selain memiliki ilustrasi yang menarik untuk anak-anak, kalimat-kalimat yang digunakan dalam buku ini juga cukup sederhana sehingga memudahkan anak untuk mengerti jalan ceritanya. Adapun pesan yang ingin disampaikan melalui buku ini adalah mengenai kreatifitas dan pengenalan tokoh-tokoh pewayangan kepada anak sebagai bagian dari warisan budaya bangsa Indonesia.

Ada 4 tokoh wayang punakawan yang diperkenalkan disini: Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.

Untuk anak-anak usia balita, akan sangat menarik jika kisah ini disampaikan dalam bentuk paper doll story telling. Cukup dengan membuat 4 tokoh wayang punakawan seperti yang dibuat oleh Sita. Dijamin deh anak akan senang dan menyimak ceritanya dengan baik.

***

Aku membacakan buku ini untuk anak-anakku via aplikasi i-Jak. Dan memang sengaja kubacakan tepat pada malam hari saat sebelum tidur.

***

Note:

Review ini diikutsertakan dalam Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017 (#bacabukuperpus2017)

Review ini diikutsertakan dalam Read and Review Challenge 2017 – Kategori Single Point – Children Literature

Children’s Literature Reading Project (#CLRP)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s