Romance

Oon In Action

Oon In Action cover small

Title : Oon In Action

Author: Aniqotuz Zahro

Published: March 2017 (Penerbit Ikon)

Pages: 304

ISBN: 978-602-74-6536-7

Harga: –

Genre: Romance – Teen Lit

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

BLURB

Dia cinta pertamaku. Dia cinta masa kecilku.
Dia cinta gilaku. Dia kedipan mataku.
Dia cinta monyetku. Dan dia adalah cintaku selamanya. Dia dulu dekat, tapi selalu menjauh. Kini dia dekat, tapi terasa jauh.
Dulu dia tampan, sekarang dia jauh lebih tampan. Dulu dia songong, sekarang dia semakin songong. Dulu dia menolakku, sekarang pun juga. Dulu aku tidak pernah menyerah untuk mendekatinya, sekarang pun sama.
Menjinakkannya itu lebih susah daripada menjinakkan singa yang mengamuk.
Tapi aku tidak akan pernah menyerah.
Itu…
Dia…
***
“Kak Melvin lucu deh!”
Aku terus mengejarnya.
Dia pun mulai ketakutan.

***

SINOPSIS

Kalian kenal cewek yang bernama Oon? Kalau tidak kenal, kalian beruntung. Jadi, Oon itu adalah cewek penuh musibah. Dia mimpi burukku sejak kecil. Pengganggu kehidupanku. Pembawa sial. [hal. 33]

Gimana rasanya jika ada orang yang naksir kamu sejak kecil? Seneng? Berbunga-bunga? Bangga? Atau malah justru merasa terganggu? Nah! Hal terakhir inilah yang selama ini dirasakan oleh Melvin. Gimana gak merasa terganggu coba kalau selalu diikuti kemanapun dia melangkah? Gimana gak ngerasa risih coba kalau setiap bertemu, tuh cewek selalu senyum sambil bilang “Kak Melvin lucu deh!” Gimana gak sebel coba kalau tiap kali selalu saja diganjenin sama cewek itu?

Aku tersenyum lebar ke arah Kak Melvin. Dia membalasnya dengan mata melotot. Kak Melvin lucu, deh. Setiap kukasih senyum, dia malah melotot terus. Bagaimana nanti kalau kukasih ciuman? Bisa-bisa matanya copot. [hal. 49]

Kalian punya orang yang kalian sukai sejak masa kanak-kanak? Yang selalu kalian “kejar” kemana pun ia pergi? Yang keberadaannya selalu mampu membuat duniamu menjadi lebih berwarna? Nah! Itulah yang dirasakan Oon pada Kak Melvin sejak dulu. Semakin ia mendekat, semakin Kak Melvin menjauh darinya. Dan itu membuatnya semakin gemas dan penasaran untuk bisa terus berada di sisinya. Tak peduli jika cowok itu sebal setengah mati padanya.

“Bisa enggak, sih, enggak usah deket-deket sama Kak Astin!” serunya tajam. Kedua matanya memandangku lurus, seakan-akan aku adalah sebuah target yang tidak boleh lepas. [hal. 122]

Pernah dilabrak orang gara-gara cowok atau cewek yang ditaksirnya nggak menggubrisnya dan justru deket banget sama kita? Ya ampun! Kayanya klise banget ya! Tapi itu jugalah yang dialami oleh Oninda Meily Rahardita (alias Oon). Bukan salahnya dong kalau Kak Astin lebih memilih dekat padanya ketimbang Gaby. Lagian, seringnya Oon justru kena sial kalau lagi bersama senior ganteng yang hobinya datang telat ke sekolah itu.

Kebayang gak gimana nasib Oon selanjutnya? Mungkinkah ia berhasil mendapatkan hati Kak Melvin yang adalah cinta pertamanya? Atau karena kegigihannya itu justru akhirnya Kak Melvin memutuskan menjauh dari hidupnya selama-lamanya? Akankah perseteruannya dengan Gaby dan para pengikutnya berakhir dengan damai? Gimana juga dengan Kak Astin, senior ganteng yang selama ini dekat dengan Oon? Tak dapatkah ia menggantikan keberadaan Kak Melvin di hati Oon?

***

REVIEW

Oon In Action ini adalah karya pertama Aniqotuz Zahro yang kubaca. Aniq sendiri adalah seorang penulis wattpad yang cukup produktif loh! Salah satu karyanya yang cukup populer dan juga telah diterbitkan dalam bentuk buku adalah Fasava. Kedua karya ini sama-sama diterbitkan oleh Penerbit Ikon.

Cover Oon In Action begitu manis dan menggemaskan dan ketika membaca isinya, barulah aku menyadari bahwa gambar anak cewek dan cowok imut yang menjadi cover ini adalah gambaran Oon dan Kak Melvin pada masa kanak-kanak mereka. Bahkan karakter mereka pun sedikit banyak dapat terbaca (tertebak) melalui gambar pada cover ini. Oon yang centil dan sedikit aggressive dan Kak Melvin yang datar serta cenderung menghindar dari Oon.

Meskipun halaman buku ini lumayan tebal, namun membacanya dijamin gak bakalan merasa bosan kok. Sebaliknya, kamu pasti bakalan dibuat senyam-senyum sendiri dan tak jarang terpingkal-pingkal melihat sikap dan kekonyolan Oon. Belum lagi dengan kesialan yang menimpa Kak Melvin saat ia (terpaksa) berada dekat fans nomer satunya itu.

Bisa jadi kamu bakalan sebal setengah mati dengan Oon yang ganjennya kebangetan namun ternyata luar biasa cerdas! Iya! Meskipun terkadang cewek manis ini keliatan ‘oon’ seperti panggilan kecilnya, dia ternyata pinter banget loh! Dan kamu juga bakalan merasa gemas melihat ketidakberdayaan Kak Melvin yang entah gimana kok bawaannya jadi dekat Oon terus.

Oon In Action ini ditulis dengan mengunakan 2 sudut pandang orang ke-3 secara bergantian, yaitu melalui POV Oon dan Kak Melvin. Unik dan seru, karena kita jadi bisa tahu sudut pandang berbeda melalui penuturan kedua tokoh utama ini. Gaya bahasanya khas remaja, namun gak alay kok. Ceritanya juga mengalir dengan ringan. Sangat enak untuk dibaca.

Buatku, membaca Oon In Action ini memberiku nostalgia pada masa-masa ketika aku masih mengenakan seragam putih abu-abu. Seru. Kocak. Banyak pelajaran mengenai kegigihan, indahnya masa remaja, juga kehangatan keluarga. Hal yang paling mengena buatku ketika membaca Oon In Action adalah sebuah tagline: First love will never dies. Dan itulah yang jelas-jelas diperlihatkan oleh perasaan Oon kepada Kak Melvin.

***

Fave Quotes

Kalian tahu kan benci itu awal dari apa? Benar, dari cinta! [hal. 31]

“Tapi jangan suruh Oon buat menjauh dari Kak Melvin, soalnya enggak bisa. Karena kita kan, kutub utara dan selatan. Jadi, selalu tarik-menarik.” [hal. 68]

“… Cinta itu kebanyakan datangnya dari rasa benci….” [hal.111]

“Yaelah, baru nunggu bentaran doang udah ngomel. Bayangin gimana Oon yang udah nungguin Kak Melvin cinta balik ke Oon. Oon nungguinnya dari kecil, Kak. Lama banget.” [hal. 138]

Janji cowok itu sakral. Jadi, ya, janji harus ditepati. [hal. 160]

Enggak tahu saja dia bahwa kalau aku ditolak olehnya, yang menangis bukan mataku, melainkan hati. Sakit. [hal. 219]

“Dengan lo ngasih contekan ke mereka, itu malah bikin mereka tambah bodoh tahu. Mereka malah jadi nyepelein pelajaran. Lo bikin mereka malas belajar.” [hal. 224]

“Enggak perlu gue jelek-jelekin juga semua orang bakalan tahu kejelekan dia. Yang namanya bangkai, mau disembunyikan di mana pun juga bakalan kecium baunya…” [hal. 239]

Kenapa tiba-tiba dadaku terasa nyeri begini? Rasanya sakit banget saat orang yang kita cintai berada tepat di hadapan kita, tapi kita enggak bisa melihatnya cuma untuk menenangkan hati kita. Rasanya kayak jantung kita diremas sehingga enggak berdetak lagi. Hal ini bisa membuat kita mati. [hal. 242]

***

NOTE:

Suka sama review buku ini? Berarti kalian WAJIB ikutan giveaway buku Oon In Action (3-7 April 2017)! Selengkapnya bisa dibaca postingan selanjutnya ya!

26 thoughts on “Oon In Action

  1. Kereeenn….! Baru baca bab2 awal yang masih tersisa di wattpad dan jujur ceritanya langsung memikat. Ditambah reviewnya..hadeuhh makin pengin meluk Oon😂 Oon lovable banget soalnya duhh❤❤

    Like

  2. Jujur, aku belum pernah baca cerita ini di wattpad. Waktu itu mau baca, tapi ternyata sudah mau diterbitkan. Judulnya lucu, nama tokoh perempuannya unik gitu “Oon”.
    Baca reviewnya kak kitty diawal-awal bikin pengin ketawa, interaksi oon sama melvin lucu gimana gitu. Bikin gemas-gemas sebal >_<
    Pengen nyusul kak kitty baca novel ini. Semoga dalam waktu dekat bisa baca Oon in action 😍

    Like

  3. Aaaa, dulu aku mau baca Oon udah ada tulisan “SEGERA DITERBITKAN” Padahal bacanya belum selesai:( padahal masih penasaran sama Oon dan kak Melvin.
    Duuh semoga berjodoh sama Oon.
    Dari review yang kak Kitty kasih bikin nambah penasraaaan;(

    Like

  4. Kebiasaan jelek aku tuh kadang suka masukkin cerita ke library wattpad doang tapi bacanya gatau kapan, kadang jg ada cerita baru tp masih blm move on jd baca terus. sama jg nih kasusnya pas Oon masih di wattpad, dimasukkin doang ke library trus bacanya ntar nunggu complete.. eh ternyata ada notifikasi segera diterbitkan. yaudah gajadi deh baca si Oon ini. padahal penasaran banget sm ceritanya..

    Like

  5. Sudah lama banget nggak baca novel ringan dan santai gini, karakternya oon juga lucu deh ..

    Bener bener pengen bangett baca novel ini, sebelumnya aku jarang banget baca wattpad, tapi sepertinya cerita di wattpad banyak yang menarik yaaa, jadi tertarik untuk lebih banyak baca karya-karya di wattpad nihh..

    Like

  6. Yakkkk sumpah pengen teriak Akhirnya si Oon lahir juga dalam bentuk cetak, hehehe seandainya sahabat saya ada disini kita pasti jadi histeri sendiri dan gak bkalan berhenti ngomongin cerita ini, cerita yang jadi obrolan kita waktu masih jaman SMA, cerita yang masih sempat-sempatnya di baca sebelum belajar untuk ulangan besok, cerita yang ngebuat kita jadi kayak orang gila di kelas karena harus ngeheboin sesuatu yang gak nyata *kata teman saya*, dan cerita ini yang ngebuat kita galau berkepanjangan seakan baru di tinggal nikah oleh pasangan *eh* bagaiman tidak, pas kita lagi jatuh cintanya sama Kak Melvin eh kita malah harus di tinggalin. Kak Melvin itu udah kayak milik bersama buat kita, kalau ceritanya belum di update2 juga, kita bkalan terus ngulang baca ceritanya dari awal lg, saking cintanya sama Kak melvin hehehe tapi yah gitu lah, karena adanya kasus pelagiat, cerita ini terpaksa harus di berhentikan dan di hapus. Padahal lagi seru-serunya, tapi kita ngerti kok, mungkin dgan cara itu kak Aniqotuz ngelindungi karyanya. Dan beberapa bulan yang lalu sempat di buat berbunga-bunga lg pas tau cerita ini di repost, tapi sayang ceritanya harus berhenti lagi karena bkalan di terbitkan. Dan sekarang saya harus berjuang biar bisa meluk mereka. Semoga bisa berjodoh mereka dgan ngikutin GIVEAWAY ini Amin. Soalnya penasaran sama Endingnya.

    Like

  7. Selalu teringat masa muda kalau baca kisah tentang gejolak para remaja yg sedang dimabuk cinta. Karena selalu banyak banget tingkahnya kalau lagi pedekate sama lawan jenis 😂😂
    Tapi aku gak pernah sampai ngebuntutin lawan jenis yg kusuka, habis kalau ngikutin juga kalau gak berusaha buat dekwt sama dy, ya buat apa??😂😂

    Like

  8. Aku tersenyum lebar ke arah Kak Melvin. Dia membalasnya dengan mata melotot. Kak Melvin lucu, deh. Setiap kukasih senyum, dia malah melotot terus. Bagaimana nanti kalau kukasih ciuman? Bisa-bisa matanya copot. [hal. 49]

    hahahhaaaa aku langsung ngakak baca ini. Oon emang konyol tapi seru. Aku kenal Oon waktu baca kisah tantenya, tapi lupa namanya, di cerita wattpad karya Kak Aniq lainnya. Dari situ Oon udah keliatan lucu, gemesin, juga ngeselin.
    Baca kisahnya sendiri pastinya makin seru.

    Like

  9. Entah kenapa setelah baca review kak Kitty, tepatnya ketika kebaca sang tokoh malah bernama Oon yang pas banget ini sama dengan nama Ibu Katin di Kampusku. Hadeeeh. Memang orangnya agak2 lucu sih, sedikit ganjen untuk seukuran ibu kantin ;D

    Setelah baca review Oon In Action karya Aniqotuz Zahro ini sedikit banyak aku langsung kebayang dengan sosok tokohnya, terutama Oon. Karena memang masa2 SMAku gak pernah ketemu kisah cinta yang luarbiasa yang bisa dibilang ‘hiperaktif’ gini, kemana2 ngejar gebetannya, gimana ya kalau semisal aku diposisi itu, jujur, pengin banget ngerasain cinta2 yang unik gini, tapi bukan dikejar2 gini juga lho ;D. Benar2 dah, review kak Kitty sukses bikin aku penasaran dengan dua sosok ini – Oon dan Kak Melvin. Berharap berkesempatan menikmati lembar demi lembar kisahnya. Ya seenggaknya walaupun kisah kehebohanku ngejar gebetan gak seseru ini, mungkin kalau udah baca Oon In Action, aku bisa bernostalgia dan mereka-reka kisah ngejar gebetan yang lain ;D. I very hoped!

    Like

  10. Belakangan ini sering banget liat buku ini wara wiri di timeline. Jadi salah satu incaran banget deh. Pada bilang seru dan lucu. Tiap baca review dan kesan2 orang juga pada bilang begitu. Awwhh penasaran deh.

    Tapi, aku nggak ngerti di paragraf yang bahas Kak Astin dan Gaby. Kak Astin itu cowok/cewek sih? Dia dekat sama Oon? Dia suka sama Oon? Astin itu bukannya nama cewek banget ya? Atau… Astin itu cewek dan deket sama Mwlvin trus Oon nya marah? Eh gimana sih? Aku masih nggak ngeh deh ehehehe

    Like

  11. Wah dari paparannya, novel ini keliatannya ringan dan asik buat hiburan. Semacam menjanjikan ‘senyum-senyum’ sendiri waktu inget jaman-jaman dulu alias jadul 😀
    Penasaran sekonyol apa tingkah Oon ini 😄

    Like

  12. kangen banget sama cerita oon in action ini, dulu banget waktu pertama baca karya kak aniq di wattpad itu cerita2 yang dibuat ngocok perut semua. 🙂
    jadi pengen baca lagi.

    Like

  13. Ketika mendengar info Oon bakal diterbitin saya langsung waahhhh… akhirnya.. akhirnya…
    saya sadah cukup lama menunggu oon di terbitin.
    kisah Oon yang mengejar Melvin patut di acungi Jempol.

    Btw review kak momFei bikin Deva jadi ketawa ngaka, ngebayangin rasanya jadi Melvin dikejar Oon. Jadi tambah pengen memiliki Oon ke dalam pelukan…

    Like

  14. Thanks kak reviewnyaaaaa bikin mupeng. Pengen novel nya.
    Pengen kayak Oon yang berani, *tapi gak malu-maluin ya* hahha

    Oon in Action ini favoriteeeee banget di Wattpad❤

    Like

  15. @RaaChoco

    Tahu novel ini pertama kali tuh aku dapet dari adik aku, dan adikku bilang ceritanya seru dan lucu abis. Begitu ada kabar bakal ada blogtour-nya, aku udah pasang alarm dari sebelumnya biar ga ketinggalan.

    Aku pikir novelnya bergenre action dan humor (seperti seorang agen rahasia atau detektif yang bertingkah oon dan konyol), tapi ternyata bukan. Novel ini malah mengingatkan aku dengan drama korea Naughty Kiss, banyak kesamaan dalam ide ceritanya, bedanya hanya karna tokoh ini ga tumbuh bersama sejak kecil.

    Baca review-nya seru, ada beberapa bagian yang bikin aku langsung ketawa, apalagi kalo baca full-nya. Tingkah Melvin yang aku yakin bakal kehilangan setelah diantara mereka ada yang menjauh, atau Oon yang deket sama cowok lain. Uhhh, jadi ga sabar pengen baca dan makin penasaran setelah dikasih tau adikku dan review ka Kitty yang lengkap, semoga aku beruntung 🙂 🙂

    Like

  16. Wkwkwk mau ketawa bahagia dulu. Akhirnya, dulu terakhir kali saya baca-baca wattpad itu ya cerita si Oon ini. Gemes, lucu, baper. Entah setaun lalu atau kapan, saya udah lupa waktu pastinya. Dan inilah yg saya tunggu, Oon-Melvin naik cetak. Nggak ngerti deh, bahkan setelah baca reviewnya saya malah tambah baper. Nggak kuat, perlu pegangan wkwkkw.

    Like

  17. Akun Twitter: @FaraAstryani
    Review kak Kitty singkat, padat dan jelas. Aku suka baca review yang seperti itu karena aku jadi lebih cepat memutuskan tertarik atau tidak sih dengan buku yang di review. aku suka reviewnya paadahal kakak gak promosi buku tapi dengan review dari kakak tiba-tiba aku jadi mau baca buku kak Aniq.
    Kisah Oon ini pernah aku alami semoga aja endingnya ga tragis kaya aku. Semoga aja si Oon bisa mendapati hati kak melvin karena kalo nggak rasanya aku membaca kisah aku sendiri :”(

    Like

  18. astagaaa.. Oon kelihatannya periang banget. gak ada tingkah sedihnya gitu. trus juga kelihatannya gak mudah menyerah.
    duh, jadi penasaran sama perilaku Melvin yg jadi incerannya Oon. mau dong diajarin jadi superfan yg bisa bertahan lama><

    Like

  19. Duuh baca review di sini jadi kangen kelakuannya si Oninda alias Oon yang punya sejuta tingkah ajaib buat Kak Melvin waktu jaman di wattpad dulu (yang pernah bikin galau karena ngga dilanjut), tapi setelah penantian panjang akhirnya diterbitkan jadi novel 😀

    Baca review Oon in Action di sini jadi mengenang jaman-jaman masa jahiliah dulu pas sekolah waktu suka sama gebetan. LOL.

    Reviewnya walauupun singkat tapi justru aku suka, sudah menerangkan sebagian isi novel. 🙂

    Like

Leave a Reply

