Event

BBI HUT 6 #2: My Family and Books

BBI HUT 6-01

Selamat malam!

Hari kedua BBI HUT 6 Marathon ini akan kuisi dengan postingan mengenai pengalamanku sebagai pembaca. Berhubung aku sebenarnya masih terhitung newbie book blogger, maka aku kali ini akan mengangkat topik mengenai keluarga kami dan buku. Harapannya sih semoga bisa menjadi semacam pembangkit gairah membaca bagi para keluarga di Indonesia ya!

 

b
Family reading bedtime story

 

Kebetulan aku dan suamiku ternyata sama-sama memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap buku. Kami sama-sama suka pergi ke perpustakaan dan toko buku untuk hunting buku atau hanya sekedar membaca-baca buku yang ada di sana. Bahkan, saking cintanya kami sama buku, dulu tuh kencan di toko buku adalah hal yang sering kami lakukan loh! Meskipun genre buku favorite kami berbeda, ada kalanya kami membaca satu buku (seringnya sih komik atau kartun) bersama dan suka senyam-senyum serta ketawa-tawa sendiri! ^o^. Sekarang sih kalau ke toko buku kami lebih sering menemani bocah-bocah untuk hunting buku pilihan mereka. Aku dan suami lebih memilih membeli buku saat kami sedang sempat jalan berdua saja (yang sangat jarang terjadi) atau pesan via online book store.

 

a
Excitement of book hunting at book fair

 

Begitu aku mulai hamil anak pertama, majalah dan buku-buku seputar pregnancy dan parenting pun jadi santapan harianku. Maklum pengalaman pertama, jadinya kepengen bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyak untuk bekal kemudian hari. Sampai-sampai pas ulang tahun, aku dihadiahi 5 buah buku parenting yang dipesan langsung oleh suamiku via amazon! Makin cinta deh sama Pak Suami! Hihihi. Nah, sebaliknya saat dia ulang tahun aku menghadiahinya 1 set Kartun Riwayat Peradaban-nya Larry Gonick, yang saat itu jadi kesukaannya!

 

kartun_riwayat_peradaban_1_3_by_larry_gornick_
One of my husband fave book

 

Kemudian setelah punya anak, lagi-lagi genre bacaanku akhirnya merambah ke buku-buku anak! Awalnya sih aku suka memberikan buku bantal kepada bayiku. Ya memang hanya untuk digigit-gigit, dikunyah-kunyah dan diilerin ajah sih sama si baby, tapi sejak dari kandungan sebenarnya aku juga suka membacakan beberapa buku loh! Mulai deh aku juga rajin bacakan buku-buku nursery rhymes dan menyuguhkan board books lain yang ternyata jadi favorite si toddler. Dan sejak si sulung mulai bersekolah pada usia 1 tahun, aku pun rajin meminjam buku-buku anak dari perpustakaan sekolah dan perpustakaan Cikini.

Gara-gara kebiasaan membaca ini, si sulung jadi sudah bisa membaca sebelum dia duduk di kelas TK kecil! Jujur aku sendiri pun terkejut sih! Tapi ternyata memang kebiasaan membaca yang coba kutanamkan sedini mungkin padanya tidaklah sia-sia. Dia bahkan mampu membaca salah satu buku favoritenya sendiri yang waktu itu masih terasa begitu WOW buatku:

Little Kids First Big Book of Space

 

13414852
One of my eldest son’s most fave book

 

Meskipun keluarga kami termasuk keluarga yang suka membaca dan hidup dikelilingi buku, tapi kami gak pernah mengganggap diri kami sebagai kutu buku sih! Reading is fun! Reading is relaxing! Dan kalau kita ingin agar anak kita juga mengikuti jejak kita sebagai orang yang suka membaca, maka membacalah bersamanya. Berikan buku-buku yang topiknya sedang mereka gandrungi, misalnya saja: Solar System/Universe, Dinosaurs, Vehicles/Transportations, Animals (Insects, Reptils), etc. Kalau ingin mengajari kosakata Bahasa Indonesia sederhana, bisa juga menggunakan buku-buku yang dipenuhi ilustrasi menarik, misalnya saja buku-buku terbitan Gafa seperti:

 

Buku Gafa
Berbagai buku seri membaca Gafa

 

Sedangkan untuk memperkaya English vocabulary, sebaiknya ajak anak membaca buku-buku seri step into reading, Scholastic reader, phonics, atau buku-buku cerita bergambar bilingual. Semuanya disusun dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi menarik yang pastinya akan disukai anak-anak kok.

 

step
Some books of Step Into Reading series

 

 

scholastic
A few books of Scholastic Readers

 

Salah satu aktivitas favorite keluarga kami adalah pergi mengunjungi toko buku, book fair dan perpustakaan. Sejauh ini sih perpustakaan favorite kami masih Perpustakaan Daerah di TIM, Cikini.

Nah! Untuk masa liburan nanti, kami berencana untuk berkunjung ke beberapa RPTRA terdekat yang juga memiliki perpustakaan anak! Kebayang deh serunya bermain lalu relaxing sambil leyeh-leyeh baca buku. Heaven!

 

c
Reading is fun! Reading is relaxing! Reading is us…

 

Nah, itu tadi adalah sekilas mengenai keluargaku dan kecintaan kami membaca buku. Kalian juga punya kecintaan yang sama dengan buku? Ayo sharing di kolom komentar mengenai hal tersebut!

Cheers,

Kitty

Advertisements

13 thoughts on “BBI HUT 6 #2: My Family and Books

    1. Untuk anak-anak sih emang sebaiknya biarkan mereka memilih buku dengan tema fave mereka ya… Nanti dari situ bisa merambah ke yang lain kok.

      Dulu sebelum si sulung menjatuhkan pilihan pada buku2 solar system, dia udah kenyang kutawari buku Dinosaurs, Vehicles, Animals, eh… ujung2nya malah lebih milih sama tema yang agak2 berat! Hahaha

      Like

    1. Baca Kartun Riwayat Peradaban itu bikin belajar sejarah jadi seru dan menyenangkan! Belum lagi joke2 yang terselip di dalamnya. Semoga suatu saat nanti wishlistnya bisa terwujud ya…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s