Giveaway · K-toon · Romance

[Blogtour & Giveaway] Majo & Sady vol. 2

Majo & Sady 2

Title: Majo & Sady vol.2

Author: Jung Chul Yeon

Translator: Putri Arofri

Editor: Novianita

Proofreader: Selsa Chintya

Layouter: Vanessa & Valencia

Cover Layouter: @fadiaaa_

Published: March 2017 (Penerbit Haru)

Pages: 298

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

Sady, si wanita karier dan Majo, sang suami yang mengurus rumah tangga—kembali lagi dengan cerita sederhana yang dipenuhi humor dan menggugah perasaan.

Kisah parody kehidupan sehari-hari masyarakat Korea Selatan usia 20-30 tahunan, yang tanpa disadari memiliki pesona tak terbatas.
Saat menikmati kisah mereka, pasti semakin ingin menikah!

***

 

REVIEW

Kisah Majo & Sady ternyata awalnya bermula sejak tahun 2002. Kala itu sang komikus, Jung Chul Yeol, membuat sebuah laman web Marine Blues yang menggambarkan laut dan beragam kehidupan di dalamnya melalui tokoh Tuan Landak Laut dan Nyonya Landak Laut. Saking meledaknya, Marine Blues sempat mengantongi beberapa penghargaan bergengsi loh! Nah, barulah pada tahun 2010, kedua tokoh utama Marine Blues tersebut mengalami transformasi sebagai Majo dan Sady yang kita kenal sekarang ini.

Yang unik dari K-toon ini adalah karena isinya seputar kehidupan berumah tangga yang dialami oleh banyak pasangan, jadi membacanya pun kita akan benar-benar merasa berada di dunia yang nyata. Banyak hal yang disampaikan melalui Majo dan Sady yang pastinya juga dialami oleh pasanga rumah tangga. Meskipun budayanya memang sangat kental dengan budaya Korea (ya iyalah! Kan komikusnya adalah orang Korea yang memang tinggal di Korea), bukan berarti kita gak bisa relate dengan kisah dalam K-toon ini. Sebaliknya, aku pribadi yang memang sudah 5 tahun berumah tangga merasa bahwa banyak peristiwa yang kualami bersama suami bisa ditemukan dalam K-toon Majo & Sady ini.

Meskipun Majo & Sady memang berangkat dari kisah nyata yang juga dialami komikusnya, bukan berarti ceritanya jadi membosankan dan gampang ditebak. Sebaliknya, kisahnya dituturkan dengan menarik dan penuh humor khas Korea. Oh iya, dikisahkan Majo, sang suami, adalah suami yang bekerja dari rumah dan mengurus rumah tangga. Hah? Jadi Majo itu SRT nih?! Yup! Beneran Suami Rumah Tangga yang nyuci, masak, bebersih, belanja bulanan, de-el-el. Sedangkan Sady, sang istri, adalah wanita pekerja yang sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor. Jadi, mereka ini bisa dibilang saling bertukar peran. Unik ya? Kebayang dong gimana heboh dan serunya interaksi diantara dua sejoli ini.

Rasanya senang sekali saat mengetahui bahwa Penerbit Haru akhirnya mencetak cover baru untuk Majo & Sady vol. 1 serta merelease Majo & Sady vol. 2 setelah volume perdananya diterjemahkan dua tahun yang lalu. Malah jadi gak sabar pengen membaca volume selanjutnya. Hohoho.

Oh iya, meskipun K-toon ini mengisahkan kehidupan rumah tangga Majo & Sady, bukan berarti hanya bisa dinikmati oleh orang yang sudah berumah tangga loh! Salah besar! K-toon ini bisa dinikmati dari usia remaja sampai dewasa karena tidak mengandung konten dewasa. Sebaliknya, ada banyak pelajaran berharga yang sama-sama bisa kita ambil melalui perjalanan hidup pasangan suami-istri yang terekam dalam Majo & Sady.

Mungkin akan ada beberapa humor yang dirasa garing kalau kamu jarang bersentuhan dengan budaya Korea, tapi jangan khawatir, hal ini masih dalam taraf wajar kok. Justru ajang untuk kita mempelajari lebih dalam akan budaya orang-orang negeri ginseng. Selain artworknya yang lucu dan full-color, terjemahan dalam K-toon ini juga terasa mengalir dengan baik. Tidak terasa seperti sedang membaca komik terjemahan saja. Salut untuk hasil terjemahan Penerbit Haru yang selama ini memang selalu memuaskan para pembacanya.

Tidak hanya menggambarkan kisah rumah tangga Majo & Sady, dalam volume 2 ini kita akan banyak menemukan foto-foto yang disertakan oleh komikusnya: ada foto-foto seputar wiskul favorite mereka (harap tahan air liur kalian ya saat melihat foto-fotonya) serta foto-foto seputar wisata mereka saat di Tokyo. Cocok untuk jadi guide kalian kalau ingin wiskul maupun berwisata ke Tokyo. Hohoho.

Meskipun sebagian besar kisah dalam Majo & Sady ini digambarkan melalui komik 4 kolom, namun penyajiannya yang bervariasi tidak akan membuat kita merasa cepat bosan. Kadang panelnya dibuat vertikal, kadang horizontal, dan juga perpaduan keduanya. Belum lagi penggambaran karakter Majo dan Sady yang terasa begitu saling melengkapi. Bikin kita merasa sayang kepada kedua tokoh yang menggemaskan ini. Siapa tahu dengan menikmati kisah Majo & Sady ini kalian beneran kepengen segera menikah!

***

giveaway

Nah, khusus untuk pembaca setia blog ini, Penerbit Haru juga sudah menyiapkan 1 buah notes kece Majo & Sady loh! Pasti kalian mupeng kan? Kalau gitu, simak cara untuk mendapatkannya ya:

1. Klik “suka” di fanpage Penerbit Haru , follow FB: Kitty Tsukino dan follow juga blog ini.

2. Follow akun twitter dan instagram @Penerbit Haru dan @WoMomFeyShare post / catatan ini ke timeline kamu (bisa via FB atau via twitter). Atau repost/reshare/retweet informasi mengenai giveaway ini via twitter dan instagram.

Jangan lupa untuk mention @Penerbit Haru dan @womomfey (jika via twitter dan instagram) atau tag Penerbit Haru dan Kitty Tsukino (jika via FB).

3. Sertakan hastag #MajoSady1and2

4. Tulis jawaban kamu di kolom komentar dari post ini dengan menyertakan nama, akun yang dipakai untuk share info giveaway ini (bisa akun twitter/FB/instagram), link share, alamat e-mail, serta domisili.

5. Periode giveaway ini hanya 5 hari, yaitu 18-22 Mei 2017.

6. Giveaway ini hanya berlaku bagi kalian yang memiliki alamat pengiriman di Indonesia ya. Kalau kamu tinggal di luar negeri namun memiliki alamat di Indonesia, berarti kamu masih bisa ikutan loh!

7. Pengumuman pemenang akan dilakukan segera setelah giveaway berakhir (maksimal 3 hari)

8. Good Luck

Pertanyaan:

Kasih tahu dong, siapa sih pasangan suami-istri ideal menurut kamu? (Boleh pasangan selebriti, pasangan karakter komik/anime/manga/k-toon/drama/film/buku) Dan kasih tau juga alasan kenapa kamu menganggap mereka sebagai pasangan suami-istri yang ideal.

***

Final Blogtour & Giveaway

Setelah membaca reviewnya, pasti dong kalian kepengen baca langsung bukunya. Untuk itu Penerbit Haru sudah bermurah hati menyediakan Majo & Sady #1 dan Majo & Sady #2 untuk 2 orang pemenang di akhir rangkaian blogtour. Caranya? Kalian cukup mengumpulkan semua kepingan puzzle huruf dari tiap blogtour yang diadakan oleh masing-masing host. Dan final blogtour ini akan diadakan di Fanpage  Penerbit Haru. Jadi, pastikan kamu mengikuti semua blog ya.

Nah, ini dia kepingan puzzle huruf dariku:

Kitty W

Disimpan baik-baik ya kepingan puzzle huruf dariku ini. Dan pastikan kalian juga mampir ke blog para host blogtour lainnya:

Blogtour Majo banner

 

 

Advertisements

14 thoughts on “[Blogtour & Giveaway] Majo & Sady vol. 2

    1. Oh ya jawabannya lupa kak.
      Jawab:
      Pasangan suami-istri ideal menurutku itu seperti Kyouya&Erika di anime dan L.A. ‘Wolf Girl and Black Prince’. Ya, emang sih dalam ceritanya belum nikah. Tapi kalo lanjut ke jenjang lebih tinggi pasti ideal banget. Soalnya kan Kyouya itu orangnya gak bisa jujur dan selalu berkata kasar. Tapi sebenarnya hati hello-kitty banget. Trus si Erika itu sifatnya mirip dengan aku, periang. Dan dia sabar banget hadapin Kyouya walaupun udah disakiti dan dibuat nangis berkali-kali. Dari pasangan ini aku belajar bahwa dalam suatu hubungan setiap individu harus belajar mengerti pasangannya. Tidak bisa salah satu pihak saja. Selain itu, kalo kata penulis Crowdstroia, dalam pernikahan kita juga ‘menikahi ‘seluruh lapisan keluarga pasangan kita. Jadi kita juga harus menghargai dan menghormati mereka.

      Like

  1. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/865061669050892288
    Alamat Email : hamdatunnupus@gmail.com
    Domisili : Depok, Jawabarat

    Jawaban :

    Kisah keseharian pasangan yang diuraikan oleh Park Da-Mi (Puuung) di Novel grafis nya yang berjudul LOVE IS.

    Ini salah satu novel grafis yang kurasa sama konsepnya kayak Majo a Sady ya, menceritakan kisah keseharian pasangan dalam bentuk gambar dan sedikit narasi. Karena kadang untuk menggambarkan suatu momen dengan kata-kata tidak mudah, dan melalui gambar ini aku sebagai pembaca justru jauh lebih mudah memahami setiap momen di dalamnya.

    Dan novel grafis Puuung ini memang diadaptasi dari kisah dirinya pribadi dengan kekasihnya, momen-momen indah nan sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata kalau kita perhatikan dengan detail begitu istimewa dan luarbiasa. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan Puuung sendiri “Aku ingin menangkap cinta yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari, secara perlahan dan selamanya” (hal.224)

    Muatan novel grafisnya berisi momen-momen yang biasa terjadi kepada pasangan rumah tangga yang baru menikah, kepada pasangan yang baru memulai segalanya. Meski pada kenyataannya penulis LOVE IS ini memang belum menikah aku rasa novel ini sengaja dibuat oleh Puuung sebagai harapan kehidupannya kelak bersama pasangannya setelah menikah.

    Secara keseluruhan momen pasangan ini begitu manis dan sepertinya bisa ditiru oleh pasangan-pasangan yang baru saja berumah tangga 🙂

    Like

    1. dan contoh2 momennya itu adalah melakukan banyak hal bersama seperti, Mencuci bersama dan Mencuci selimut tebal secara manual sehingga hal ini membuat Pekerjaan rumah tangga yang berat jadi menyenangkan kalau dikerjakan bersama – gimana ? manis bukan ? 🙂

      Like

  2. Elsita f. Mokodompit
    @sitasiska95 https://twitter.com/sitasiska95/status/865078195288104960
    elsitafransiska(et)gmail(dot)com

    Pasangan ideal? Bapak mantan presiden B.J. Habibie dan Ibu Ainun. Mereka adalah pasangan yang saling melengkapi, saling mengisi, berbagi suka duka, impian, juga pasangan sehidup semati maling romantis. Ketika ibu Ainun tiada, tanpa dicari kita bisa langsung menemukan bahwa seperti ada yang hilang dari Pak Habibie. Beliau telihat tidak utuh setelah Ibu Ainun pergi. Benar-benar pasangan soulmate favorit saya sepanjang masa

    Like

  3. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare:https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/865194185078431746?p=v
    Email: aki.no.melody@gmail.com

    Bapak dan Ibu ku. Meskipun kadang pemikiran mereka tidak sejalan namun, mereka masih tetap saling menyayangi dan melakukan hal sederhana yang romantis selama 29 tahun pernikahan mereka. Kadar cinta mereka tidak berkurang dilihat dari sikap dan tatapan mata satu sama lain.

    Like

  4. Nama : Annisa Rizki sakih
    Lokasi: Batam, kepri
    Twitter : @annisakih
    Link share :https://twitter.com/Annisakih/status/865226175223746560
    Email : annisa_rizki_s(at)rocketmail(dot)com

    Salah satu Pasangan ideal menurut saya adalah Ono Eriko (pengarang komik Mikoo dan suaminya). Meski hanya sepintas lalu digambarkan Ono melalui percakapan sebaris dua baris dalam komik yang kadang hanya sehalaman, kelihatan sekali kalau mereka saling sayang dan support. Adegan yang sangat membekas di ingatan saya, suaminya mau menolong Ono yang kerepotan mengasuh anak sambil memenuhi tenggat waktu penerbitan mingguan Mikoo. Saya yakin, gambaran tentang kehidupan sehari-harinya, bukan hanya bonus dari Ono untuk pembaca. Namun adalah salah satu bentuk ungkapan cintanya pada sang suami. Buat saya ini romantis banget.

    Like

  5. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/865394297339691008
    e-mail: auliyati.online@gmail.com
    domisili: Serang

    Kasih tahu dong, siapa sih pasangan suami-istri ideal menurut kamu? (Boleh pasangan selebriti, pasangan karakter komik/anime/manga/k-toon/drama/film/buku) Dan kasih tau juga alasan kenapa kamu menganggap mereka sebagai pasangan suami-istri yang ideal.

    Khairul Azzam & Anna Althafunnisa di novel dan film Ketika Cinta Bertasbih. Azzam laki-laki yang sholeh, terpelajar, sederhana, pekerja keras, dan bertanggung jawab. Tipe suami impian. Anna perempuan yang lembut, sholehah, dan cerdas. Kriteria istri dan ibu ideal ada padanya. Kisah cinta mereka juga luar biasa mengharukan. Meskipun awalnya hanya bisa saling memendam perasaan, menjalankan hidup penuh keikhlasan, pada akhirnya Tuhan mempersatukan mereka dengan cara yang indah. Mengikuti kisah mereka memberi inspirasi sekaligus kepercayaan akan harapan dalam hidup dan cinta. 🙂

    Like

  6. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/865467055620866048
    Email: desitaw97@gmail.com
    Domisili: Surakarta

    Kasih tahu dong, siapa sih pasangan suami-istri ideal menurut kamu? (Boleh pasangan selebriti, pasangan karakter komik/anime/manga/k-toon/drama/film/buku) Dan kasih tau juga alasan kenapa kamu menganggap mereka sebagai pasangan suami-istri yang ideal!
    Tokoh Naito dalam novel “Amazing Guardian” karya Ran.
    Alasan (aku membayangkan diriku sebagai Asa): Dia itu tampan, pintar & karismatik, dan meskipun punya banyak penggemar tapi dia hanya memandang pada satu wanita. Sangat pengertian dan paham maunya orang yang dia sayang (lewat tatapan mata aja, Naito langsung tahu kemauan Asa). Enggak segan-segan menunjukkan kepeduliannya (meski gak pernah bilang sayang, Naito selalu memperlakukan Asa dengan spesial. Ketika Kaze & Izumi bilang bahwa Asa pulang sendirian tengah malam, ia langsung menyusul Asa supaya bisa menemaninya pulang). Dan yang paling aku inginkan dia mampu meredam emosiku. Asa orang yang moodly (aku juga sih), tapi Naito selalu berhasil menenangkannya tanpa pernah menyakiti Asa.
    *Pingin banget bawa Naito pulang, sayang aku terlalu takut dapat tatapan intimidasi dari Asa, hehe*

    Like

  7. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/865622167878115328
    Email: deviraindra@gmail.com
    Jawaban:
    Setelah baca reviewnya, Suami istri ideal itu Menurutku ada di dalam novel Majo & Sady. Karena, mereka ga keberatan untuk saling bertukar peran. Si majo(suaminya) bertugas untuk mengurus rumah, sady (istrinya) bekerja di kantor. Walaupun gitu, mereka ttp sweet. Apalagi si majo sering romantis tp gagal wkwk. Bagiku mereka itu pasangan yg ideal

    Like

  8. Nama : Aprisinta
    Akun twitter : @AprieeLssinzta
    Link share : https://twitter.com/AprieeLssinzta/status/865706463913680896
    Alamat email : pril.yeoja@gmail.com
    Domisili : Curup, Bengkulu
    Jawaban : pasangan ideal menurut aku itu adalah adimas dan adelia di webtoon pasutri gaje. mereka berdua itu lucu, kadang romantis, saling melengkapi yang penting, karena sebuah hubungan itu berawal dari perbedaan dan bagaimana kita dapat menjaga dan menjalin perbedaan tersebut menjadi satu (hadehhh ngomong apa ini haha 😅😁😂)

    Like

  9. nama : Melati setiyaning prakerti
    twitter : @melatist
    domisli : Pemalang jateng
    link share : https://mobile.twitter.com/melatist/status/865797127267508224?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5564873997

    suami istri ideal menurut aku Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia.

    tau dong mereka berdua menjalin hubungan sudah hampir 8 tahun, dan berujunga dengan nikah.
    gak kebayang dong gimana suka dukanya pacaran selama 8 tahun. gak mudah juga mempertahankan hubungan selama itu.
    mereka berdua juga pernah pacaran jarak jauh, nah untuk remaja2 sekarang tuh ngejalanin LDR gak semudah kita membolak balikan telapak tangan. banyak pasangan diluar sana yang putus gara2 LDR. tapi Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia membuktikan bahwa LDR justru pembuktian cinta dari kedua pasangan itu. tetapi LDR gak membuat sayang mereka luntur justru rasa sayang dan cinta mereka semakin kuat dan gak gampang menyerah.

    dan selama saya nonton gosip2 di tv sebelah gak pernah denger tuh berita miring tentang hubungan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia.justru kebanyakan berita malah mengekspos kemesraan hubungan mereka membuat para penggemar semakin iri , membuat mereka menjadi pasangan favorite. hingga akhirnya mereka di karunia seorang buah hati kecil yang cantik Nasthusa Olivia Alinskie

    cocok banget sebagai pasangan suami istri yang ideal

    Like

  10. Nama: Veronika Septi Rahayu
    Twitter: @ayu_vero
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/866440120135630848
    E-mail: ayu.veronika@gmail.com
    Domisili: Yogyakarta

    Jawaban :
    Pasangan ideal menurutku adalah pasangan suami artis Alyssa Soebandono dan Dude Harlino. Pasangan yang serasi dan selalu terlihat harmonis meski jarak usia mereka terpaut 11 tahun. Apalagi sepanjang mereka menikah jarang ada gosip/ pemberitaan miring tentang hubungan mereka, gak tau kenapa jadi salut dan suka aja ama pasangan yg 1 ini

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s