Children

Pohon Harapan (Bagai Bumi Berhenti Berputar)

Pohon Harapan

Title: Pohon Harapan (Bagai Bumi Berhenti Berputar)

Author: Clara Ng

Illustrator: eMTe

Published: 2008 (GPU)

ISBN: 978-979-223-854-9

Pages: 24

Genre: Picture Book – Children

Rate: thumbsthumbsthumbsthumbs

 

BLURB

Apakah arti mati itu? Mengapa kakak tidak dapat berjalan? Mengapa Mama berpisah dengan Papa? Mengapa adik harus dirawat di rumah sakit? Kenapa aku harus pindah rumah ke tempat yang asing?

Anak-anak tidak lepas dari emosi negatif, seperti duka, shock, sedih, dan malu. Peristiwa yang menguras emosi bisa saja terjadi di dalam keluarga mana pun. Kanak-kanak menghadapi perubahan emosi ini; merasa takut, cemas, bingung, dan sendirian. Sebagai orangtua kita tak boleh mengabaikan, menganggap peristiwa yang sangat emosional ini sebagai hal yang harus ditutupi, tak perlu diungkapkan atau dibesar-besarkan. Orangtua wajib memberikan tempat sandaran dan dukungan bagi mereka.

Buku ini membantu kanak-kanak memahami perasaan mereka; membantu mengingatkan bahwa mereka tidak sendirian. Buku ini juga menolong kanak-kanak berempati kepada kanak-kanak lain yang kebetulan sedang mengalami peristiwa yang menyedihkan di keluarganya.

Mari baca dan satukan hati bersama si kecil

***

REVIEW

Buku ini sangat bagus untuk menyadarkan anak-anak bahwa tidak selamanya kehidupan itu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ada kalanya kita harus menerima kejadian yang “kurang menyenangkan”. Contohnya saja dalam kisah ini bercerita mengenai penyakit yang menyerang salah satu anggota keluarga.

Dikisahkan seorang anak yang baru saja mengetahui bahwa adik semata wayangnya ternyata menderita Leukimia. Yang menarik adalah ketika sang anak merasa takut dan khawatir tanpa sepenuhnya mengerti apa yang sedang menggerogoti tubuh adiknya. Penjelasan yang diberikan sang mama cukup sederhana, namun mewakili apa yang perlu disampaikan kepada seorang kakak yang begitu sayang dan peduli dengan adiknya.

Buku yang sangat layak dibaca oleh semua anak, baik yang memang dalam kondisi sedang menghadapi kejadian serupa dengan sang tokoh utama buku ini, maupun yang tidak sedang dalam keadaan kurang menyenangkan. They will definitely learn a lot from the story.

Selain kisah yang diuntai dengan bahasa sederhana, buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang menyentuh. Meskipun temanya agak mengharu-biru, ilustrasi buku ini dipenuhi warna-warni cerah ceria khas anak-anak.

pray for her

Berikut ini adalah beberapa quote favoriteku:

“Kepala Adik sekarang memang beda, tapi hati Adik tetap sama.” Yang penting adalah yang ada di dalam hati kan? [hal. 20]

aku dan adik

Melihat pohon harapanku tumbuh subur, demikian juga harapan yang ada di hatiku. [hal. 22]

ph

Thanks to i-Pusnas application, now I can borrow and read lots of great children books. Dan yang paling penting, semuanya bisa diunduh secara gratis! ^o^

***

Note:

Review ini diikutsertakan dalam Proyek Baca Buku Perpustakaan 2017 (#bacabukuperpus2017)

Review ini diikutsertakan dalam Read and Review Challenge 2017 – Kategori Single Point – Children Literature

Children’s Literature Reading Project (#CLRP)

Advertisements

One thought on “Pohon Harapan (Bagai Bumi Berhenti Berputar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s